Tuesday, 15 March 2022 04:35

ISRA MI'RAJ DALAM PERSPEKTIF SAINS,IMAN & PRODUKTIVITAS

Written by

Peristiwa Isra Mi'raj merupakan wilayah keimanan yang bersifat beyond  atau melampaui yang niscaya diyakini oleh setiap muslim atas bukti kerisalahan Nabi Muhammad s.a.w.. Bagaimana  seorang muslim percaya atas kemukzizatan Nabi Muhammad diperjalankan Allah di malam hari dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina serta dimikrajkan ke langit hingga Sidratul Muntaha untuk menerima risalah Allah, di dalamnya ada kewajiban shalat lima waktu. Inilah salah satu dimensi iman terdalam dari keberagamaan yang mengandung banyak hikmah yang metafisik.

Peristiwa Isra mikraj bagi umat Islam dapat dimaknai sebagai peneguhan keimanan bahwa kita manusia harus mengimani segala kuasa Allah dalam kehidupan,  termasuk kemukjizatan yang diberikan kepada Nabi yang diberkahi-Nya. Jika Allah Maha Kuasa dalam menciptakan alam semesta dengan seluruh partikel dan isinya yang belum semua ilmu manusia menjangkau seluruhnya, maka segalanya menjadi sangat mudah bagi Allah untuk menyatukan Nabi tercinta dengan alam semesta yang sama-sama diciptakan dalam kuasa-Nya. Jika Alllah telah menciptakan hukum alam sebagai sunatullah yang eksak, menciptakan hukum kecepatan cahaya, bebas hukum gravitasi, dan ketakjuban ciptaan lainnya maka sangatlah mudah bagi Allah untuk memperjalankan hamba yang dicintai-Nya dari bumi sampai melampaui tujuh langit hingga ke Sidratul Muntaha. Lebih dari itupun segala hal sangatlah mudah bagi Allah Yang Maha Kuasa, termasuk menjdikan akhir kehidupan tibanya Hari Kiamat.

Demi menggali lebih dalam Peristiwa Isra Mi'raj Rosululloh SAW, SMAIT BBS mengeadakan peringatan ISra Mi'raj 1443 H pada 12 Maret 2022 yang digelar secara semi daring. Kegiatan tersebut mengambil tema "ISRA MI'RAJ DALAM PERSPEKTIF SAINS,IMAN & PRODUKTIVITAS". dengan narasumber Prof. Dr-Ing. H. Fahmi Amhar, yang merupakan peneliti utama Badan Informasi Geospasial dan alumni Vienna University of Technology, Austria.

Read 320 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.